Pages

Hosting

Big on Hosting. Unlimited Space & Unlimited Bandwidth

Wednesday, September 2, 2020

Inilah Sosok dengan Sebutan Tante ’’Pemersatu Bangsa’’

Top di Instagram, menjadi lebih populer lagi setelah jadi bintang tamu di podcast Gofar Hilman. Dijuluki sebagai Tante Pemersatu Bangsa, Ernie nyantai saja. IG-nya diikuti hampir satu setengah juta follower, sebagian besar adalah kaum pria. Para suami yang suka nge-like sambil sembunyi-sembunyi…

Tante masih cantik di usia 44 tahun, merasa awet muda?

Nggak juga. Karena banyak teman aku yang juga seumuran, bahkan lebih dari aku, tapi tetap cantik. Memang teman-teman aku itu orangnya aktif, pola hidup sehat, dan rajin berolahraga, jadi fit terus.

Suka dibilang kakak-adik kalau lagi jalan sama anak?

Iya. Seringnya (anak, Red) malah disangka berondong aku. Pernah lagi liburan ke Australia, sopir Uber yang aku dan anak pertamaku tumpangi bilang selamat honeymoon. Hahaha.

Bagaimana kiat Tante menjaga penampilan?

Jaga pola makan, kualitas dan jam tidur diperhatikan, pikiran yang positif, dan berolahraga.

Olahraga Tante apa?

Biasanya nge-gym di luar. Tapi, sejak pandemi, jadinya nge-gym di rumah aja. Kalau bosan, jalan dan lari di sekitar kompleks rumahku aja. Pokoknya sebisa mungkin sehari harus meluangkan waktu minimal satu jam untuk berolahraga.

Diet?

Aku memang udah jarang makan nasi. Paling satu atau dua sendok makan. Makanan lain seperti pasta juga aku masih makan, tapi porsinya sedikit. Sehari-hari aku lebih banyak konsumsi protein, sayur, ikan, dan ayam. Aku sih diet nggak berpatokan pada timbangan, tapi ukuran celana aku.

Perawatan yang paling membutuhkan biaya?

Muka. Karena yang paling pertama dilihat orang-orang saat bertemu adalah wajah.

Sebelum terkenal sebagai selebgram, apa pekerjaan Tante?

Ibu rumah tangga aja sih. Ngurus anak dan suami. Cuma ya karena memang aku suka foto-foto kalau lagi berlibur sama keluarga atau ngumpul sama teman, aku masukin Instagram. Aku jadi selebgram benar-benar nggak direncanakan. Tidak pernah upload foto dengan niat supaya jadi terkenal. Cuma iseng aja.

Punya follower banyak, apa manfaat yang paling dirasa?

Kalau dilihat dari sisi pekerjaan, akhirnya jadi dapat banyak endorse-an. Jadi, ada kerjaan sampingan selain jadi ibu rumah tangga.

Sekarang apa kesibukan Tante?

Lagi syuting untuk situasi komedi di GTV. Ini kali pertama aku ikut program TV.

Dijuluki sebagai Tante Pemersatu Bangsa, gimana rasanya?

Semua bergantung gimana kita melihatnya, dari sisi negatif atau positif. Kalau aku selalu lihat dari sisi positif, ya nggak apa-apa. Banyak laki-laki tahu-tahu bertemu teman lamanya di Instagram karena komen post aku. Terus ibu-ibu bilang aku adalah inspirasi mereka di tempat senam.

Suka lihat bapak-bapak berpenampilan muda?

Menurutku oke. Salah satu yang bisa bikin merasa lebih semangat hidup, ya memang dengan berpenampilan muda. Daripada merenungi umur, terus nggak lagi aware sama penampilan? Kan katanya usia hanya sebatas angka.


https://ift.tt/2DmkQay
from Halo Dunia https://ift.tt/3lJYmS8
via IFTTT

Dilarang, Warganet Bernama Anjay Ini Protes dan Jadi Sorotan

Kata “Anjay” tengah menjadi sorotan luas paska sebaran surat yang dikeluarkan Komisi Nasional Perlindungan Anak atau Komnas PA yang meminta masyarakat Indonesia untuk berhenti menggunakan kata tersebut. Kata “Anjay” dianggap ofensif dan merupakan kata yang diserap dari umpatan kasar yaitu “Anjing”.

Belakangan, seorang warganet yang mengaku memiliki nama panggilan Anjay, tampak tak terima dengan aturan tersebut hingga membuat klarifikasi di media sosial miliknya mengenai namanya.

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @khusniahayati pada 31 Agustus, pemilik akun mengunggah gambar tangkapan layar akun Instagram milik teman kakaknya yang bernama Anjayna.

Dipanggil Anjay, pemilik akun Instagram ini menuliskan penjelasan mengenai namanya yang disebut memiliki makna yang bagus dibaliknya.

Warganet bernama Anjay. [Twitter]

“Tahu nggak sih, nama saya adalah Anjayna. Ini cuma nama depan. Orang-orang di sekitar saya memanggil saya Anjay. Kalau disuruh cerita nih ya, sebenernya nama depan saya ini berasal dari bahasa Arab, namun kayaknya sih memang hampir jarang diucapkan dalam percakapan makanya beberapa ornag kurang tahu,” tulis pemilik akun tersebut.

Ia kemudian menjelaskan bahwa kata tersebut diambil langsung dari Al-Qur’an tanpa ada perubahan struktur hurufnya, yaitu fa-anjaynaa-hu atau dalam ayat lain berbunyi fa-najjaynaa-hu, yang kurang lebih memiliki arti “Kami menyelamatkan”.

Pemilik akun tersebut pun memberikan contoh surat di dalam Al-Qur’an di mana ayat tersebut muncul.

“Untuk ejaan bisa apa saja Anjayna atau Anjaina karena itu masalah ejaan literasi saja sih menurutku… nah karena itu detik ini saya bakal berdiri dan bilang dengan lantang, ‘A’udzubillahi min media massa, nawaitu, Me vs Everybody in all of the world!’ wkwkwk anjaayy…” tambah pemilik akun Instagram tersebut.

Unggahan itu pun mendapat perhatian warganet, mengingat penggunaan kata “Anjay” masih menjadi sorotan.

“Plis lah woy, ini temen kakak gue namanya emang Anjay. Kesian tapi ngakak juga sampe bikin klarifikasi begini wkwk,” tulis akun @khusniahayati dalam kolom keterangan.

Cuitan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2.400 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Bahkan, tak sedikit warganet yang juga memberikan contoh nama orang yang memiliki nama Anjay.

“Saudara aku juga namanya Anjaya, dipanggilnya Anjay. Sekarang lagi jadi bahan perbincangan di grup keluarga, katanya ‘Anjay anak bapak Tono mending kamu ganti nama, nanti dipenjara’. Nangis, padahal dia udah buat KTP,” tulis akun @androidakutu.

“Temen gue juga namanya Anjay. Gimana nanti kalau pas masuk sekolah diabsen sama guru, terus gurunya masuk sel,” komentar @ChahyaAlfi.

“Kalau nggak salah, dalam bahasa Sansekerta juga ada artinya, tidak terkalahkan,” tambah @Hamstaro_.

Anjay (Twitter)

“Saudara gue namanya Anjay Lulu, kita memang dari dulu manggilnya Anjay. Jadi sumpah mikir banget kalau sampe kata anjay dilarang, nanti dia ganti nama dong,” ungkap @disnaiy.

“Kasihan yang panggil nama dia ditangkap semua,” cuit @Riangga164.


https://ift.tt/2EHgmfy
from Halo Dunia https://ift.tt/34W9RQD
via IFTTT

Tak Selalu Buruk, Bakteri di Makanan dan Minuman Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Halodunia – Bakteri selalu dikaitkan dengan hal yang tidak baik, seperti penyebab berbagai penyakit atau pemicu alergi.

Padahal ternyata tidak semua bakteri itu adalah bakteri jahat, lo. Sebenarnya ada jenis bakteri baik yang justru baik untuk kesehatan kita.

Seperti jenis bakteri yang bernama probiotik satu ini. Ia bisa berfungsi untuk melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh kita, lo.

Yuk, cari tahu!

Probiotik

Tahukah kamu apa itu probiotik? Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus kita.

Probiotik dipercaya memiliki efek besar pada kesehatan kita, lo.

Di pasaran, ada yang namanya suplemen probiotik. Namun lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik daripada mengonsumsi suplemen.

Berikut ini makanan yang bisa kamu konsumsi jika ingin mendapatkan asupan probiotik.

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi. Kimchi merupakan makanan pendamping khas Korea.

Biasanya kimchi dibuat dari sayuran asin dan fermentasi seperti kol dan lobak dan dibumbui dengan bubuk cabai, jahe, dan bawang putih.

Menurut Becky Kerkenbush, anggota the Wisconsin Academy of Nutrition and Dietetics, kimchi bisa memberikan manfaat kesehatan seperti mengatur keseimbangan mikroflora di usus.

Selain itu, kimchi juga bisa mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit.

2. Yogurt

Di Indonesia, yogurt memang kurang populer untuk sarapan pagi. Namun, rupanya yogurt memiliki manfaat besar, lo.

Menurut Toby Amidor selaku penulisThe Healthy Meal Prep Cookbook, yogurt mengandung biakan hidup dan aktif termasuklactobacillus bulgaricus.

Lactobacillus bulgaricus mampu menghasilkan asam laktat yang membantu melawan bakteri buruk.

Toby Amidor juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi yogurt Yunani, yang memiliki lebih sedikit gula dan sodium.

Selain itu juga lebih banyak mengandung protein daripada jenis yogurt lainnya.

3. Kombucha atau Teh Jamur

Sebenarnya, yang satu ini bukan makanan, melainkan minuman.

Nah, teh yang sedikit bersoda dan asam ini tidak hanya mengandung probiotik, tetapi juga mengandung vitamin B.

Kandungan itu bisa membantu menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung, lo.

4. Tempe

Menurut Jamie Johnson dari Ingraining Nutrion, makanan yang terbuat dari kedelai difermentasi ini mengandung sejumlah manfaat kesehatan.

Manfaat itu di antaranya seperti protein yang membantu membangun dan memperbaiki otot.

Diungkapkan bahwa tempe bisa menjadi pengganti daging yang baik untuk hidangan apa saja.

Hal ini karenatempe adalah bahan yang sangat serbaguna dan cenderung cepat menyatu dengan rasa lain yang disajikan bersamanya.

Johnson juga menyarankan untuk menambahkan tempe dalam makanan seperti sup, hidangan tumis atau sandwich, atau sebagai pengganti daging dalam hidangan pasta.

5. Miso

Miso adalah pasta yang terbuat dari kedelai difermentasi. Makanan ini biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam sup miso.

Stephanie McKercher pemilik The Grateful Grazer, sebuah laman yang menyediakan resep makanan sehat, mengatakan bahwa makanan ini adalah sumber mineral antioksidan yang baik seperti tembaga, mangan dan seng.

Dikatakan bahwa miso juga mengandung fitonutrien dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Kalau kita memakan lebih banyak miso, maka bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang di antaranya termasuk stroke.

(Penulis: Rahwiku Mahanani)


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/3bj6jsK
via IFTTT

Malam Ini Bulan Purnama, Hanya Terjadi 3 Tahun Sekali, Kok Bisa?

Halodunia – Fenomena Bulan purnama umumnya terjadi di sekitar tanggal pertengahan bulan. Namun, untuk bulan September ini, fenomena Bulan purnama justru terjadi di awal bulan.

Dilansir dari Live Science, Selasa (1/9/2020), fenomena Bulan purnama di awal bulan ini hanya terjadi setiap tiga tahun sekali.

Pada September 2021 maupun 2022 mendatang, Bulan purnama akan terjadi di pertengahan bulan.

“Sebaliknya ia (bulan purnama di awal bulan) akan kembali terjadi pada awal September 2023,” kata astronom amatir Marufin Sudibyo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Marufin berkata bahwa berulangnya fenomena bulan purnama di awal bulan setiap tiga tahun sekali ini disebabkan oleh adanya perbedaan durasi kalender Gregorian dengan kalender Bulan.

Untuk diketahui, kalender Gregorian atau biasa juga disebut dengan kalender Gregorius merupakan kalender yang paling banyak dipakai di dunia barat. Kalender ini berbasis pada periode tropis Matahari.

Nah, periode tropis Matahari ini adalah rentang waktu yang dibutuhkan Matahari untuk bergerak dari sebuah titik Aries (vernal ekuinoks) menuju titik Aries berikutnya yang bersebelahan.

“Derivasinya ke dalam kalender menghasilkan durasi 365 hari atau 366 bila kabisat,” ujarnya.

Sebaliknya, dalam kalender bulan, basisnya adalah periode sinodik Bulan.

Ini dimaksukan sebagai rentang waktu yang dibutuhkan Bulan untuk bergerak dari sebuah titik konjungsi ke titik konjungsi berikutnya yang bersebelahan.

“Periode sinodik itu rata-rata 29,5 hari,” kata dia.

Sehingga, derivasinya dalam kalender Hijriyah akan menghasilkan durasi 354 hari atau 355 hari bila kabisat.

Maka, tahun hijriyah selalu lebih cepat 10-11 hari dibanding tahun Gregorian.

Lebih spesifik lagi, 36 bulan kalender Gregorian relatif setara dengan 37 bulan kalender hijriyah.

Mengingat durasi bulan kalender Gregorian umumnya 30 atau 31 hari, maka dapat diperhitungkan bahwa dalam sekitar tiga tahun, sebuah fenomena fase Bulan seperti purnama atau perbani akan berulang pada tanggal yang sama atau berdekatan bagi kalender Gregorian.

“Inilah penyebabnya kenapa berulang setiap 3 tahun,” ujarnya.

Sebagai catatan, fenomena Bulan purnama di awal bulan ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, dan tidak memiliki dampak tertentu apapun.

Penulis: Ellyvon Pranita Editor: Shierine Wangsa Wibawa


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/2ETK9Bg
via IFTTT

Tidur Siang Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini 19 Persen

Halodunia – Bagi sebagian orang, tidur siang merupakan kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Tapi, di antara para peneliti terjadi pro dan kontra terhadap manfaat tidur siang bagi kesehatan fisik dan mental.

Studi terbaru termasuk yang mengatakan bahwa tidur siang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Studi berupa penelitian meta-analisis tersebut hasilnya dipresentasikan di pertemuan tahunan Europan Society of Cardiology, belum dipublikasi.

Para penelitinya yang berasal dari Universitas Kedokteran Guangzhou, Cina, membagikan temuan awalnya yang menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari satu jam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini pada seseorang.

Menurut salah satu peneliti, Dr. Zhe Pan, temuan pada penelitian itu merujuk pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa tidur siang terlalu lama dapat menyebabkan peningkatan peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Studi Pan dkk mengamati 20 penelitian sebelumnya tentang tidur siang, penyakit jantung, dan risiko kematian. Selain itu, mereka juga mendata sebanyak 313.651 partisipan di mana 39 persennya mengaku tidur siang secara teratur.

Hasilnya, penelitian itu menyimpulkan orang yang tidur siang selama 60 menit bahkan lebih berisiko kematian dini lebih tinggi hingga 30 persen. Selain itu, orang yang tidur siang dalam waktu lama juga lebih berisiko 34 persen terkena penyakit jantung dibanding orang yang tidak melakukannya.

Secara keseluruhan, penelitian tersebut mengaitkan tidur siang durasi lama dengan peningkatan risiko kematian dini sebesar 19 persen. Hubungan tersebut lebih terlihat pada perempuan dengan risiko yang meningkat 22 persen. Sedangkan berdasarkan usia, partisipan yang lebih tua risiko kematiannya meningkat sebesar 17 persen.

“Hal tersebut bisa saja terjadi akibat mengganti kekurangan tidur malam dengan tidur siang,” kata Pan dkk. Namun, penelitian itu menemukan hubungan yang sebaliknya jika tidur siang kurang dari satu jam, yakni dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur malam.

Zhe Pan, dengan temuannya itu, menentang penelitian sebelumnya mengenai manfaat tidur siang. Dia mengatakan bahwa penelitiannya tersebut berusaha menentang pendapat umum yang menilai tidur siang dapat mengatasi utang tidur di waktu malam. “Studi kami menentang pendapat yang banyak dipegang ini,” ujar Zhe Pan.

Sementara itu, sebuah penelitian yang dipaparkan dalam pertemuan ilmiah tahunan ke-68 American of Cardiology di New Orleans, Amerika Serikat, pada 2019 lalu, menyebutkan bahwa orang yang tidur siang cenderung mengalami penurunan tekanan darah. Pada 60 menit tidur siang, tekanan darah sistolik turun rata-rata 3 mmHg dalam 24 jam.

Tidur siang disimpulkan memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah hampir setara dengan obat anti-hipertensi. “Tidur siang dapat menurunkan tekanan darah dengan besaran yang sama dengan perubahan gaya hidup lain seperti mengurangi asupan garam dan minuman beralkohol,” ujar Manolis Kallstratos, ahli jantung dari Asklepieiom General Hospital di Voula, Yunani.

Penelitian yang dilakukan Kallistratos sendiri melibatkan 212 partisipan dengan tekanan darah rata-rata 129,9 mmHg. Para partisipan sendiri berusia 62 tahun atau lebih dan setengahnya merupakan perempuan.

Semantara itu, Direktur Medis Hopkins Sleep Disorders Center, Dr. Charlene, mengatakan tidur siang merupakan hal yang baik, namun harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. “Perlu dilakukan sesuai konteks orang tersebut dan siklus tidur tubuhnya sendiri,” ujar Charlene.


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/2F0ZkZf
via IFTTT

Mau Tahu Cara Nonton Film di Netflix Tanpa Pakai Akun ?

Halodunia – Jika sebelumnya pengguna dapat mendaftar untuk uji coba gratis untuk menonton konten di Netflix, kini menonton film atau acara TV di Netflix dapat dilakukan tanpa harus membuat akun. Hal ini dibuat agar pengguna bisa lebih muda untuk mencoba platform streaming ini.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu, 2 September 2020, kini pengguna Netflix dapat menonton film dan acara TV favorit tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya cukup kunjungi halaman Netflix menggunakan browser desktop atau di ponsel Android, untuk iOS tidak didukung karena ada beberapa alasan.

Namun perlu diperhatikan bahwa menonton gratis tanpa akun ini hanya berlaku untuk episode pertama acara TV yang ditonton. Jadi jika tertarik untuk menonton episode selanjutnya, maka pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Selain itu, nonton gratis tanpa akun ini juga tidak dapat digunakan melalui aplikasi Netflix di ponsel atau smart TV,hanya bisa melalui browser.

Berikut adalah acara TV dan film yang dapat anda saksikan di Netflix secara gratis tanpa harus membuat akun.

Acara TV

  • Stranger Things
  • Elite
  • Boss Baby
  • When They See Us
  • Love is Blind
  • Our Planet
  • Grace and Frankie

Film

  • Murder Mystery
  • Bird Box
  • The Two Popes.

line today


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/2QLcEDJ
via IFTTT

Wanita Ini Ngaku Kalau Dirinya Bisa Panggil Arwah dari Putri Diana!

Halodunia – Seorang wanita asal Australia yang diketahui bernama Lizzy Rose menjadi perbincangan di dunia maya karena pengakuannya yang menurut banyak orang sangat aneh yaitu dirinya mengaku bahwa dia bisa memanggil arwah dari Putri Diana yang sudah meninggal sejak tahun 1997 tersebut.

Sebuah unggahan di media sosial Facebook miliknya, Lizzie mengatakan bahwa dirinya ingin mencoba berhenti dari media sosial karena dia ingin melakukan ritual pemanggilan arwah dari Putri Diana. Kemudian, dia juga mengatakan hal ini dilakukan oleh dirinya karena secara tiba-tiba dia mendapatka sebuah ‘energi’ untuk melakukan hal tersebut.

Lizzy memiliki profesi sebagai seorang pendeta juga mengatakan bahwa dirinya bisa memanggil arawah Putri Diana melalui pembacaan kartu tarot. Dia mengaku bahwa beberapa kali dirinya pernah memanggil arwah Putri Diana dan berbicara dengannya.

“Aku telah sering bekerja di bawah pengaruh energi Putri Diana yang ‘hidup’ sejak kematiannya,” tulis Lizzy di dalam akun media sosial facebook.

Ketika melakukan pemanggilan arwah yang dilakukan Lizzy pada 31 Agustus 2020 yang lalu, dia mengajuk 33 pertanyaan yang diambil dari pertanyaan pengikut media sosial. Pertanyaan yang diajukan sangat beragam, mulai dari apakah sang putri masih hidup hingga pendapat Putri Diana mengenai Meghan Markle.

“Jawaban dari pertanyaan ini akan direkam dan diterjemahkan ke daam video dan akan aku rilis di media sosialku,” lanjut Lizzy.

Ritual pemanggilan arwah ini dilakukan Lizzy setiap hari Senin malam. Dan entah kebetulan atau enggak, ritual pemanggilan Lizzy pada hari Senin di bulan Agustus yang lalu bertepatan dengan bulan purnama. Hal ini yang membuat ritual tersebut terasa lebih lama dan menantang dari segi fisik.

Tentu hal ini memancing reaksi dari para warganet, banyak yang percaya dan enggak. Kabarnya, Lizzy pernah tersandung kasus mengenai teori konspirasi dan juga pernyataannya yang mengatakan bahwa virus covid-19 enggak valid kebenarannya. Dia juga mengatakan bahwa dirinya enggak percaya dengan vaksin corona dan membakar sebuah masker wajah.

Aduh, ada-ada saja ya, Beauty. Apakah kamu tim yang percaya atau enggak, nih?

line today


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/3hRMtrd
via IFTTT

Pro Kontra Bioglass yang Perlu Anda Tahu

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Bioglass yang diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Atau, mungkin Anda sudah membelinya? Apakah manfaat bioglass benar-benar ada bagi kesehatan?, Bioglass telah marak dijual, baik itu ditawarkan secara langsung oleh agennya atau pun dijual di berbagai laman belanja daring.

Bioglass Diklaim Bisa Sembuhkan Segala Penyakit

Ilustrasi bakteri dan virus (Foto: Shutterstock)Bioglass adalah sebuah lempeng kaca bundar yang dapat memancarkan energi skalar positif dalam radius 5 meter ke segala arah. Bioglass diklaim telah banyak digunakan di berbagai negara, seperti Jerman dan Australia dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Namun demikian, beberapa sumber menyebutkan bahwa Bioglass yang dijual ini diproduksi di Korea.

Bioglass terbuat dari kaca Amiran yang dikombinasi dengan 13 mineral alami yang dibuat dengan teknik khusus sehingga dapat memancarkan energi positif selama 20 tahun yang dapat bermanfaat positif untuk kesehatan tubuh. Energi tersebut diklaim dapat self healing atau menyembuhkan dirinya sendiri.

Banyak sekali klaim manfaat Bioglass untuk kesehatan. Rasanya hampir semua penyakit diklaim dapat disembuhkan oleh Bioglass ini.

Bioglass dikatakan dapat membersihkan racun di dalam tubuh, melancarkan sembelit, mempercantik kulit, menyembuhkan autisme dan ayan, menghindari pengeroposan tulang, serta menyembuhkan penyakit diabetes, sakit kepala, influenza, penyakit jantung koroner, stroke, mag, ginjal, hipertensi, berbagai jenis kanker, asam urat, dan ambeien


https://ift.tt/3lF6enX
from Halo Dunia https://ift.tt/31OuQTn
via IFTTT

Pengertian dan Karakteristik Sosiologi

Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin, yaitu ”socius” dan ”logos”. Socius artinya teman, dan logos artinya berbicara, mengajar, atau ilmu. Jadi, secara etimologis sosiologi berarti ilmu tentang teman. Sosiologi sebagai ilmu lahir pada abad XIX. Pelopornya seorang ahli filsafat Prancis bernama Auguste Comte (1798–1857). Dalam karyanya yang berjudul Course of Positive Phylosophy (1844), Auguste Comte menyebut kajian tentang kehidupan sosial manusia dengan kata sosiologi. Bangsa Barat memberinya gelar Bapak Sosiologi Modern.

Konsep dasar sosiologi terdapat dua pengertian dasar, yaitu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai metode. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan berarti sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan mengenai kajian masyarakat dan kebudayaan yang di susun secara sistematis dan logis. Sosiologi sebagai metode berarti sosiologi merupakan cara-cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial dalam masyarakat dengan prosedur dan dan teori yang dapat dipertanggjawabkan secara ilmiah.

A. Pengertian Sosiologi
Karena manusia yang menjadi objek kajian sosiologi itu bersifat dinamis, maka para pemikir dapat meninjaunya dari berbagai sudut pandang. Lahirlah berbagai definisi tentang sosiologi.

  1. Peter L. Berger seperti dikutip oleh Paul B. Horton dan Chester L. Hunt (1999). Dia mengatakan bahwa sosiologi itu ilmu yang mempelajari hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
  2. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi (1964). Beliau berdua membatasi pengertian sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

Sedangkan Pitirim A. Sorokin seperti dikutip oleh Soerjono Soekanto (1989) menjelaskan bahwa sosiologi adalah:

  1. Hubungan maupun pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial. Contoh: pengaruh iklim terhadap watak manusia, dan lain-lain.
  2. Ciri-ciri umum dari semua jenis gejala atau fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat.
  3. Hubungan maupun pengaruh timbal balik antara berbagai gejala sosial. Contoh: gejala ekonomi dengan agama, hukum dengan ekonomi, dan lain-lain.

B. Karakteristik Sosiologi
Menurut Harry M. Johnson seperti dikutip oleh Soerjono Soekanto (1989), karakteristik keilmuan sosiologi itu sebagai berikut.

  1. Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi itu mendasarkan diri pada observasi dan penalaran, bukan atas dasar wahyu atau hasil spekulasi.
  2. Sosiologi bersifat teoretis, artinya sosiologi berusaha memberi ikhtisar (summary) yang menunjukkan hubungan pernyataan atau proposisi-proposisi secara logis.
  3. Sosiologi bersifat kumulatif, artinya teori-teori sosiologi dibangun atas dasar teori yang sudah ada. Teori-teori baru yang lebih benar dan lebih luas, pada dasarnya merupakan penyempurnaan teoriteori yang sudah ada.
  4. Sosiologi nonetis, artinya sosiologi bukan ajaran tentang tata susila. Para sosiolog tidak membicarakan apakah suatu tingkah laku sosial itu baik atau buruk. Tugas seorang sosiolog adalah mengungkap atau menerangkan tindakan sosial sebagai fakta sosial.

3. Cabang-Cabang Sosiologi
Sosiologi dipandang sangat penting dan efektif dalam mencari, menemukan, dan menjelaskan gejala-gejala sosial yang ada dalam masyarakat. Muncullah cabang-cabang sosiologi yang lahir dari proses saling mengisi antara sosiologi dengan ilmu-ilmu lain. Beberapa cabang sosiologi antara lain sebagai berikut.

  1. Sosiologi politik.& Istilah sosiologi politik berasal dari dua kata, yaitu sosiologi dan politik. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, kelompok-kelompok sosial, dan tingkah laku individu baik individual maupun kolektif dalam konteks sosial. Politik atau ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan sebagai konsep inti.
  2. Sosiologi hukum. Sosiologi hukum adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya secara empiris analitis. Sociology af the law – Menjadikan hukum sebagai alat pusat penelitian secara sosiologis yakni sama halnya bagaimana sosiologi meneliti suatu kelompok kecil lainnya.
  3. Sosiologi pendidikan. Sosiologi pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Studi ini lebih mempelajari sistem sekolah umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan pendidikan tinggi, lanjut, dewasa, dan berkelanjutan.
  4. Sosiologi agama. Sosiologi agama adalah ilmu yang membahas tentang hubungan antara berbagai kesatuan masyarakat, perbedaan atau masyarakat secara utuh dengan berbagai system agama, tingkat dan jenis spesialisasi berbagai peranan agama dalam berbagai masyarakat dan system keagamaan yang berbeda.
  5. Sosiologi keluarga. Sosiologi keluarga adalah ilmu yang mengkaji tentang realitas sosiologis dari interaksi, pola, bentuk dan perubahan dalam lembaga keluarga, juga pengaruh perubahan/pergeseran masyarakat terhadap keluarga dan berpengaruh sistem dalam keluarga terhadap masyarakat secara umum.
  6. Sosiologi kesenian. Sosiologi kesenian adalah cabang sosiologi yang membahas hubungan gejala – gejala kemasyarakatan dengan seni.
  7. Sosiologi ekonomi. Sosiologi ekonomi adalah cabang sosiologi yang membahas hubungan gejala-gejala kemasyarakatan dengan ekonomi.

Dalam perkembangan mutakhir muncul cabang-cabang baru sosiologi, yaitu sosiologi budaya, sosiologi industri, sosiologi masyarakat perkotaan, sosiologi masyarakat pedesaan, sosiologi pariwisata, dan sosiologi pembangunan. Mengingat sosiologi dapat saling mengisi dengan ilmu-ilmu lain, maka dimungkinkan munculnya cabang-cabang baru sosiologi.


https://ift.tt/eA8V8J
from Halo Dunia https://ift.tt/2EJ1kWC
via IFTTT

Pameran Lukisan Nuwun Sewu Hadirkan Karya Seniman secara Offline

Di masa pandemi corona pada umumnya gelaran acara digelar secara online melalui webinar atau live Instagram dan Youtube serta media sosial (medsos) lainnya. Berbeda dengan pameran lukis Nuwun Sewu yang digelar offline di Gedung Akademi Seni Rupa Surabaya (Aksera).

Meskipun digelar secara offline, pameran ini tetap tampak sepi pengunjung, lantaran gedung yang dipakai sempat tutup 10 tahun dan baru dipakai kembali ketika ada pameran tersebut.

“Bisa jadi sebagai awalan pameran seni di Surabaya, sebagai penanda kalau Gedung Aksera masih beroperasi. Saat ini ingin dihidupkan kembali sebagai wadah unjuk gigi para seniman,” ujar Ketua Komunitas Jajan Pasar Yunus Jubair, Selasa (1/9).

Menurutnya, pameran Nuwun Sewu tersebut sebagai pameran yang digelar secara offline di masa pandemi seperti saat ini. Nuwun sewu sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘permisi’. Ini menandakan bahwa pameran merupakan pembuka atau awalan.

“Kalau menunggu pembenahan selesai, akan terlalu lama. Maka kami memilih untuk menggelar pameran sekaligus membenahi beberapa bagian agar publik tahu kalau tempat ini sudah dibuka dan bisa digunakan untuk berkesenian,” kata Yunus.

Maka dari itu, dirinya membuat pameran ini tanpa pembukaan. Karena di pembukaan itulah potensi orang berkerumun lebih tinggi. “Kalau dilihat-lihat, sebetulnya pengunjung pameran tidak pernah banyak atau bahkan sampai berkerumun,” imbuhnya.

Pameran Nuwun Sewu menampilkan puluhan karya dari 11 pelukis Surabaya, tanpa ada tema khusus untuk lukisan yang tampil. Ada berbagai lukisan yang ditampilkan, seperti surealis, gambar profil seseorang, abstrak dan masih banyak lainnya. “Bila tidak mengadakan pameran seperti ini, para seniman tidak akan bisa hidup,” pungkasnya.


https://ift.tt/31S9moJ
from Halo Dunia https://ift.tt/3jEgDhS
via IFTTT