Pages

Thursday, October 2, 2014

Cara Menjaga Mata Dari Polusi



Kita tahu bahwa akhir-akhir ini terjadi peningkatan polusi udara di beberapa kota besar. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pabrik-pabrik, banyaknya asap kendaraan bermotor, dan kurangnya taman hijau di sekitar perkotaan. Hal inilah yang memperparah kejadian polusi di suatu daerah. Kita semua tahu bahwa polusi lingkungan sangat erat kaitannya dengan terjadinya gangguan kesehatan, misalnya gangguan pada mata, tenggorokan, bahkan organ dalam seperti jantung, paru-paru, dan lambung. Lantas, bagaimana caramenjaga mata dari polusi?
Pengendara motor atau mobil merupakan pengguna jalan yang paling memungkinkan mengalami serangan polusi udara dan angin. Maka dari itu, butuh tindakan perlindungan agar kesehatan mata terbebas dari ancaman polusi. Beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari polusi sebagai berikut.
1. Menggunakan Helm
Helm bagi pengendara motor berguna untuk melindungi wajah, kepala, dan mata dari partikel debu, kotoran, dan serangga. Jika Anda selama ini hanya berpikir bahwa helm hanya melindungi kepala, itu salah. Pastikan juga bahwa helm yang Anda kenakan memiliki ruang bagi kacamata agar mata Anda terhindar dari polusi.
2. Menggunakan Kacamata
Banyak ahli mata yang menyarankan pasiennya untuk selalu menggunakan kacamata saat bepergian atau beraktivitas. Tujuannya untuk melindungi mata dari sinar matahari, polusi, debu, angin, dan kotoran lain penyebab kerusakan mata. Namun, pastikan juga bahwa bahan kacamata Anda aman. Ada beberapajenis bahan kacamata imitasi yang membahayakan kesehatan mata. Bahan kaca tersebut justru menyerap sinar matahari sehingga menyebabkan kerusakan serius pada mata atau bahan kacamata yang mudah pecah sehingga berisiko menimbulkan luka pada mata. Ingat, sebaiknya Anda tidak menggunakan kacamata berwarna hitam saat mengendarai kendaraan di waktu malam hari.
3. Memilih Pemukiman di Pedesaan
Jika Anda msih memiliki kesempatan untuk memilih daerah hunian, lebih baik jika memilih daerah pedesaan. Banyak keuntungan yang didapatkan, udara masih bersih dan minim polusi sehingga intensitas paparan polusi pada mata dapat diminalisasi.

0 comments:

Post a Comment