Pages

Wednesday, September 17, 2014

Rinada: Tak Semua Foto Syur Itu Asli


 - Kasus tersebarnya foto mesum yang berpakaian seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS) sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu. Usut punya usut,Rinada yang merupakan mantan istri Andika The Titans adalah orang di balik seragam PNS tersebut.
Namun, menurutnya tak semua foto yang tersebar luas di internet adalah asli. Disebutkannya, beberapa foto telah mengalami proses pengeditan.
"Iya, saya muncul untuk menjelaskan atas aib yang saya dan keluarga alami. Itu juga ada editannya," kata Rinada di Gedung Trans TV, Mampang, Jakarta Selatan (16/9).
Rinada bercerita lebih banyak. Ia menegaskan bahwa usaha untuk menghancurkan file sudah dilakukan olehnya. Namun, ia dibuat keheranan karena ternyata foto-fotonya tersebut tetap tersebar.
"Kejadiannya 2011, tapi pada saat 2011 pun rekaman ga ada. Itu sudah diancurin. Saya memberikan keterangan pada penyidik. Saya mau semua cepat selesai," lanjutnya.
Rinada pun mengarahkan kecurigaan kepada sang mantan pacar. Karena yang memiliki file tersebut adalah dirinya. "Dari saat kejadian rekaman tersebut, yang punya rekaman itu yang jelas mantan saya. Saya ga cari siapa-siapa. Pokoknya, siapa yang nyebarin foto-foto itu lebih cepat diungkap, siapa di belakang ini," tandasnya.

Ini Alasan Rinada Mau Direkam Suami Saat Hubungan Badan


Revida Putri - Sungguh disesalkan oleh Rinada, foto-foto syur hasil editan dari video pribadinya dengan Y tersebar luas di dunia maya. Dia mengungkapkan, kalau Y yang saat itu masih sebagai suaminya, pemilik ide untuk merekam hubungan badan mereka.
Nada melihat ada kelainan seks pada suaminya saat itu. Dia terus-terusan dibujuk dengan janji akan langsung dihapus setelah adegan mereka selesai direkam.
"Waktu itu kami jalin pernikahan. Mungkin karena dia punya kelainan seks, saya jadi bingung. Dan ada di bawah tekanan, dia bujuk terus. Dia bilang habis direkam akan dihapus," kisah Rinadasaat berkunjung ke Kantor Redaksi KapanLagi.com® di Tebet, Jakarta, Selasa (16/9) dini hari.
Seminggu setelah pembuatan video itu, Rinada pun langsung mendatangi suaminya, meminta untuk menghapus rekaman itu, sesuai janjinya. Dia ingin kepastian kalau video itu benar-benar sudah dimusnahkan.
Semula Y berusaha mempertahankan CD itu, namun setelah terjadi pertengkaran, bahkan terjadi saling pukul akhirnya diserahkan. Saat itulah, dirinya melihat sebuah dihancurkan oleh Y.
Tapi ternyata masih ada yang tersebar, meski hanya foto-fotonya. Dia merasa salah, karena tidak memastikan apakah isi CD itu benar-benar hasil rekaman adegannya. CD itu langsung dihancurkan tanpa dilihat dulu isinya.
Rinada sendiri telah mengambil langkah hukum dengan melaporkan mantan suaminya itu ke polisi. Dia mencurigai adanya rencana secara sengaja dari awal merekam sampai penyebaran. Apalagi peralatan, seperti handycam dan lain sebagainya sudah disediakan Y.
"Tapi kalau kenyataan kayak gini, berarti dia sudah punya rencana," tegasnya.

Lima Buah “Gunung Piramida” di Luar Jawa Diselidiki


Dahulu kala, seluruh badan Candi Borobudur tertimbun oleh tanah dan abu vulkanik dan terlihat sebagai bukit yang menyerupai piramid. Setelah dibongkar, terlihatlah sebuah Candi Buddha terbesar di dunia tak terkalahkan hingga kini.
Menurut National Geographic, bentuk Candi Borobudur adalah piramid, sama seperti piramid di Giza Mesir dan piramid Kukulcan di kompleks Chichén Itzá Mexico.
Masih menurut National Geographic, masih ada beberapa bangunan kuno berbentuk piramid di dunia yang belum terbongkar. Sejarah candi Borobudur tersebut adalah suatu bukti yang NYATA atas bukit piramid dimasa lalu.
*
Tim Katastropik Purba, yang dibentuk untuk meneliti berbagai bencana alam berkategori katastropik yang terjadi di masa lalu menemukan, empat gunung dan satu bukit yang memiliki anomali (keanehan).
Keempat Gunung dan satu bukit tersebut yakni:
1. Gunung Dua Saudara di Sulawesi Utara (1°29’11.7326”N 125°10’3.9047”E)
2. Gunung Kiematubu di Tidore (0°39’45.0443”N 127°24’8.7808”E)
3. Gunung Tyom di Lembah Baliem, Wamena, Papua (3°58’38.2292”S 139°1’45.2489”E)
4. Gunung Inniere di Nusa Tenggara Timur (-)
5. Bukit Penrissen di Kalimantan Barat. (-)
Gunung Dua Saudara, Bitung, Sulawesi Utara
Gunung Dua Saudara ini termasuk cagar alam. Cagar alam gunung Dua Saudara terletak di propinsi Sulawesi Utara, Kotamadya Bitung , Kecamatan Bitung Utara dan Bitung Tengah. Gunung ini memiliki topografi landai sampai bergunung, tingginya 1362 mdpl.
“Dari riset awal tim katastropik purba, mengindikasikan kecenderungan tidak natural terhadap bukit dan gunung-gunung tersebut,” kata anggota tim, Iwan Sumule.
Dia menambahkan, keempat gunung dan satu bukit tersebut pada 2012 akan menjadi tempat riset, terutama terkakit patahan atau sesar gempa.
Gunung Kiematubu, Tidore, Maluku Utara
“Seperti diketahui berdasarkan hasil tim peta gempa 2010, ada ancaman potensi ataupun ancaman gempa di jalur patahan aktif besar seperti di Patahan Palukoro-Matano di Sulawesi, Patahan Sorong, dan Tarerua-Aiduna di Papua,” kata Iwan.
Tim katastropik purba akan merekomendasikan patahan-patahan besar itu untuk diteliti dan diwaspadai.
“Kami  berharap Mendikbud dan Menristek bersama LIPI, GREAT ITB, Geologi UGM, ITS, dan lain-lain untuk melakukan percepatan riset di kawasan Indonesia timur itu,” tambah dia.
Bukit Tyom di Lembah Baliem, Papua
Terkait dugaan “man made” alias buatan manusia di keempat gunung tersebut adalah sebuah bukti.
“Ada hubungan erat antara peradaban dan kebencanaan,” kata Iwan.
Sementara, di Bukit Penrissen di Kalbar juga direkomendasikan, apakah di sekitarnya ada kecenderungan patahan yang belum diketahui aktifitasnya.
Gunung Inniere, Nusa Tenggara Timur
“Karena pada 2011 lalu terjadi gempa di Singkawang, ini di luar dugaan”, kata anggota tim, Iwan Sumule.
Selama ini Kalimantan dianggap daerah yang aman gempa, ternyata gempa Singkawang sempat terjadi,” tambah dia.
Bukit Penrissen, Kalimantan Barat
Sebelumnya, tim merilis temuan “gunung piramida” di Pulau Jawa, khususnya Gunung Sadahurip atau Gunung Putri di Garut, Jawa Barat.Diyakini, bukit itu tak hanya sekedar onggokan tanah, namun menyimpan sebuah rahasia besar: sebuah piramida. Menurut perkiraan, besar dan usianya melampaui Piramida Giza di Mesir.
Tingginya diduga mencapai 200 meter, usianya sekira 10.000 tahun. Benar atau tidaknya klaim tersebut, masih menunggu pembuktian melalui proses eskavasi.(vivanews.com/icc.wp.com)

Temuan Piramida Besar Di Bawah Samudera Atlantik


Piramida Besar Bawah Laut Azores
Angkatan Laut Portugis sedang mempelajari apa yang di klaim oleh seorang nelayan sebagai piramida dibawah Samudera Atlantik yang sangat besar, dekat dengan Kepulauan Azores.
Azores adalah sebuah pulau dari gugusan beberapa pulau di tengah Samudera Atlantik yang berada disebelah barat Portugal. Beberapa orang sudah mempertanyakan apakah ini adalah kota Atlantis yang hilang atau apakah piramida dibuat oleh ekstra-terestrial alias alien?
Berapa spesialis lainnya berspekulasi bahwa piramida itu bisa jadi adalah bagian dari peta yang lebih besar, dimana piramida Giza di Mesir juga termasuk. Piramida itu ditemukan di bawah laut oleh nelayan lokal dekat dengan Kepulauan Azores saat menangkap ikan menggunakan peralatan pemindaian digital.
Sembilan pulau yang membentuk kepulauan yang sekarang dikenal sebagai Azores, ditemukan oleh Portugis di tahun 1427.
Dalam beberapa tahun terakhir para arkeolog telah menemukan seni cadas kuno di pulau Terceira, yang mereka percaya berusia ribuan tahun. Mereka juga telah menemukan berbagai peninggalan arkeologi kuno pada semua pulau yang berjumlah sembilan tersebut.
Temuan-temuan itu antara lain adalah prasasti dari zaman Romawi, kuil Kartago, seni gua dan struktur megalitik. Tampaknya ada lebih banyak sejarah pada pulau-pulau ini.
azores-pyramid
Piramida bawah laut itu ditemukan oleh Diocleciano Silva di antara pulau Terceira dan São Miguel. Dikatakan bahwa struktur itu berbentuk persegi sempurna dan berorientasi dengan mata angin.
Dengan menggunakan tekologi GPS digital saat ini, diperkirakan setidaknya piramida itu tingginya sekitar 60 meter dan dasarnya hampir 8.000 meter persegi. Itu cukup besar!
Para ahli dari Institut Hidrografi Angkatan Laut Portugis sedang mempelajari data-data piramida untuk menentukan apakah itu adalah buatan manusia, atau buatan alam, atau bahkan sesuatu yang lebih menarik, seperti campur tangan Extraterrestrial.
Piramida ini ditemukan di daerah yang telah tertutup oleh air selama 20.000 tahun dan 2000 tahun sebelumnya adalah zaman es besar dibelahan bumi utara di mana gletser mulai mencair.
Siapa pun yang tinggal di sana sebelum zaman es, manusia atau tidak, kemungkinan adalah yang membangun piramida tersebut.
azores-pyramid map location
Sejauh ini Angkatan Laut Portugal belum menentukan asal-usul piramida. Cukup mengejutkan bahwa piramida besar ini belum pernah dilaporkan sebelumnya atau bahkan ditemukan sebelumnya.
Apakah selama ini piramid itu sengaja dirahasiakan atau memang sudah lama berdiri disana selama bertahun-tahun tanpa ada yang mengetahui?
Memang ada temuan-temuan arkologi di kepulauan tersebut, tapi tidak ada bukti bahwa temuan piramid itu terkait dengan peradaban besar pada masa kuno seperti yang di klaim berita diatas.
Temuan Arkeologis dari Asosiasi Penelitian Arkeologi Portugis hanya membuktikan bahwa di pulau Pico telah pernah dihuni oleh manusia sebelum Azores ditemukan tak berpenghuni oleh Portugis.
Akhirnya pada tanggal 5 Oktober, Institut Hidrografi Portugal telah mengeluarkan laporan resmi, namun anehnya diabaikan oleh media-media berbahasa Inggris.
Koran Portugis melaporkan bahwa sonar yang digunakan oleh nelayan tersebut itu memiliki resolusinya sangat rendah.
Data yang diperoleh dari ping sonarnya menciptakan garis lurus sehingga terlihat seragam. Jadi hasilnya pasti: tidak ada “struktur” di sana, yang ada hanyalah sebuah bukit alami dibawah laitan.
azores-pyramid map location zoomed
Semua itu adalah kesalahan pembacaan sonar atau “read error“, dan yang diperkirakan piramida itu hanyalah sebuah bukit vulkanik, bahkan itu adalah bukit vulkanik yang telah dikenal selama ini.
Portugis Hidrografi Institute kemudian melakukan penelitian, adalah sebuah bukit vulkanik yang dikenal dan diposting, kontur bawah air pada kordinat 37°55′21.1″N 26°10′29.7″W, yang sebenarnya dari situs survei hidrografi (lihat via satelit).
Tentu saja laporan resmi ini dituduh sebagai konspirasi atau usaha pemerintah untuk menutup-nutupi kebenaran oleh orang-orang yang ingin percaya bahwa itu adalah piramid.
Namun pastinya, tak satu pun dari orang-orang yang menuduh bahwa itu adalah usaha menutup-nutupi akan pernah pergi kesana dan menyelam atau menjatuhkan kamera ke bawah air. Bagi mereka berita seperti ini jauh lebih baik untuk tetap hidup sebagai sebuah misteri. Karena kebenaran yang terungkap tidak seperti harapan mereka. (asheepnomore.net/berbagai sumber).

Intelijen AS Bisa Sadap Komputer Tanpa Koneksi Internet

Ternyata !

edward-snowden_header
Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA), whiter-blower Edward J. Snowden
Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA), Edward J. Snowden, kembali menjadi pusat pemberitaan. Melalui dokumen yang dia bocorkan, Snowden menyebut NSA dapat menyadap komputer di seluruh dunia tanpa perlu tersambung ke dunia maya.
Stasiun berita Al Jazeera, Rabu 15 Januari 2014 melansir publikasi dari harian New York Times yang menulis NSA telah memasang peranti lunak khusus ke hampir 100 ribu komputer di seluruh dunia. Beberapa komputer tetap tidak dihubungkan ke dunia maya(offline) dan dikira aman dari serangan cyber.
Namun, pada kenyatannya piranti lunak itu tetap memungkinkan NSA menyadap data dan informasi yang tersimpan di dalam komputer tersebut. Program tersebut dinamakanQuantum. Metode ini telah digunakan sejak tahun 2008 silam.
quantum-insert
Snowden revealed how the GCHQ and NSA used fake LinkedIn websites to plant spyware. Imgur
Dengan metode ini, kartu USB atau papan sirkuit kecil sengaja dimasukkan ke dalam komputer target secara diam-diam. Dengan teknologi itu, mereka mampu memancarkan sebuah gelombang rahasia radio menuju stasiun intelijen yang telah dibangun sebelumnya. NSA bahkan tetap dapat melakukannya dari jarak yang jauh!
Lalu, bagaimana cara memasukkan peralatan radio ke dalam komputer?
Ternyata mereka telah menanamkan peralatan tersebut sejak awal diproduksi. Walaupun sudah ditanam, terkadang beberapa kali para agen NSA harus memasukkan secara fisik alat tersebut.
big brother watching youKeampuhan alat ini juga dijabarkan oleh Majalah Times. Dalam sebuah dokumen yang mereka peroleh, terdapat sebuah gambar yang menunjukkan peta lokasi di mana Pemerintah AS telah memasukkan alat itu ke dalam komputer lokal.
Times turut menyebut bahwa tentara militer China merupakan target yang paling sering disasar oleh komputer jenis ini.
Tetapi tidak hanya China saja yang menjadi target, komputer produksi NSA ini turut menyasar militer Rusia, institusi perdagangan Uni Eropa, penjual narkoba Meksiko dan polisi Meksiko.
Selain itu, NSA disebut turut memata-matai melalui komputer produksinya ke beberapa negara yang jelas-jelas menyatakan perang terhadap aksi teror seperti, India, Pakistan dan Arab Saudi.
Sebelumnya, agen intelijen AS, kesulitan untuk memata-matai komputer yang tidak tersambung koneksi internet. Namun dengan kehadiran program Quantum, itu semua terlewati.
spying tapping nsa electronics elektronik sadap
Tetapi NSA berdalih aksi tersebut dilakukan semata-mata untuk pertahanan ketimbang menyerang target komputer yang ditanam program itu. Mereka menyebut aksi itu dilakukan untuk melawan serangan cyber dari komputer asing.
Juru Bicara NSA, Vanne Vines dalam sebuah pernyataan tertulis mengatakan bahwa jenis piranti lunak semacam ini digunakan untuk melawan target intelijen asing.
Big-BrotherVines membantah aksi semacam ini mencerminkan sikap NSA yang sewenang-wenang.
Dia mengatakan tujuan dipasang piranti lunak semacam itu hanya untuk kepentingan intelijen dan bukan mencuri data perdagangan rahasia dari perusahaan asing yang telah menguntungkan perusahaan AS.
AS turut menuduh bahwa China menempatkan piranti lunak serupa terhadap komputer milik Pemerintah AS. Tujuannya untuk mengetahui keributan melawan China.
Hingga saat ini, pejabat berwenang dari China belum merespon berita soal aksi peretasan yang dilakukan agen NSA terhadap komputer yang offline. Namun, mereka mengatakan sudah tahu apabila mereka menjadi korban dari cyber mata-mata internasional di masa lampau.
Pejabat China mengatakan mereka telah mendorong terbentuknya legilasi internasional untuk mengendalikan program penyadapan terhadap pemerintah asing.
Maka timbul pertanyaan akibat ulah AS terhadap semua barang produksinya yang dijual bebas, apalagi dibidang kemiliteran dan teknologi.
pesawat tempur missileApakah pesawat tempur dan semua barang elektronik produksinya juga sudah ditanamkan program sejenisnya?
Yang admin ketahui pada beberapa tahun lalu, beberapa artikel pernah menyebutkan bahwa semua misil, roket, peluru kendali, helikopter dan pesawat-pesawat tempur buatan AS tak dapat menyerang negaranya sendiri.
Hal ini dikarenakan alat-alat militer buatan AS yang khusus dijual kepada negara-negara asing atau diluar negaranya, sudah ditanamkan micro chip dan program (software danhardeware) yang dapat mendetaksi kordinat sasaran. Bahkan semua data dan misi, serta percakapann pilot dapat terpantau atau disadap langsung oleh satelit-satelit militer milik AS.
Jadi, misalkan seorang pilot pesawat tempur buatan AS menekan tombol peluncuran misil atau roket ke arah atau ke sasaran yang berada dalam naungan negaranya sendiri, jangan berharap akan berhasil.
Kerena semua peralatan tempur sudah memakai GPS (Global Positioning System) yang dipantau satelit, maka misil itu akan terbang meleset jauh dari sasaran, tak meledak atau bahkan terkunci. (adi – vivanews / Al Jazeera/ New York Times/ Times Magazine/ IndoCropCircles, the truth)
computer hack spy tapping nsa

siapa Penemu Virus Komputer Pertama di Dunia?

siapa Penemu Virus Komputer Pertama di Dunia? Pertanyaan seperti itu seringkali terpikir oleh kita, siapa sebenarnya penemu virus komputer pertama di dunia ini. Virus komputer seringkali menjadi momok menyeramkan untuk kita semua yang terutama bekerja sangat bergantung pada komputer, banyak sudah virus di dunia yang masuk dalam virus berbahaya dan dapat mengancam data-data yang ada dalam komputer kita.
http://www.didunia.net/
Rich Skrenta
Anda pernah mendengar virus komputer bernama elk cloner? Itu adalah nama virus komputer pertama di dunia, virus komputer itu dimasukkan dalam golongan virus mikro komputer. Sebenarnya, virus pertama di dunia tersebut hanya disebarkan dalam lingkungan sekolah tempat seseorang yang menciptakannya di tahun 1982. Hmm penasaran bukan siapa sih pencipta atau penemu virus komputer pertama di dunia? Yuk lihat di bawah ini.

Rich Skrenta Penemu Virus Komputer Pertama Di Dunia
Rich Skrenta, yang pada saat itu masih berusia sekitar 15 tahun yang duduk dibangku SMA Mt. Lebanon High School, Pennsylvania, Amerika mencoba membuat sebuah virus komputer pertama di dunia yang menyerang perangkat komputer apple II.

Pada saat itu Rich memang digolongkan menjadi anak-anak yang bandel, kebandelan dirinya itu dilihat dari tingkah laku Rich yang secara sengaja atau ilegal membagi-bagikan game dan software yang saat itu harganya sangat mahal. Karena alasan bandel tersebut, Rich Skrenta sang penemu virus komputer pertama di dunia yang menyerang komputer Apple II itu dijauhi oleh para temannya.

Terkadang kelakuan si bandel Rich sering mematikan komputer milik temannya dengan bantuan floppy disk atau menampilkan kalimat yang mengejek di monitor komputer milik teman-temannya.

Sampai akhirnya dengan bekal kebandelan atau keisengan dirinya, Rich mencoba membuat sebuah program jahat tanpa melalui bantuan floppy disk, hal itu ia lakukan agar tidak selalu disalahkan. Akhirnya ia berhasil membuat sebuah program yang diberinama Elk Cloner, pada dasarnya virus tersebut akan menyebar dari komputer satu ke komputer lainya melalui floppy disk orang-orang dan akan menampikan sebuah puisi yang dibuat sendiri oleh Skrenta.

Dan ternyata hanya dalam hitungan beberapa bulan saja Rich telah berhasil membuat heboh sekolah dengan virus komputer pertama yang ia buat. Pada saat itu tidak seperti sekarang yang sudah ada Antivirus yang dapat memudahkan kita untuk menghapus program virus tersebut dari komputer, maka sibuklah semua menghapus satu-persatu file-file yang telah terinfeksi virus Elk Cloner.

Bagaimana Cara Elk Cloner Virus Komputer Pertama di Dunia Menyebar?
Elk Cloner menyebar dan menginfeksi Sistem Operasi Apple II dengan teknik boot sector virus dan akan otomatis akan mengcopy dirinya sendiri jika secara tak sengaja ikut terbawa ke komputer orang lain. Walau tidak begitu fatal, namun tetap saja membuat pusing.

Jika komputer terinfeksi virus buatan Rich Skrenta sang penemu virus pertama di dunia dengan nama Elk Cloner, maka akan tampil puisi seperti berikut :

Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!

Dan siapa sangka, Rich Skrenta sang penemu virus komputer pertama di dunia yang di cap anak bandel di sekolahan ini meraih sukses, saat ini menurut info yang didapat ia bekerja sebagai CEO di Blekko Inc yaitu sebuah mesin pencari di internet atau search engine.

Ya begitulah kisah penemu virus komputer pertama di dunia yang diberinama Elk Cloner, siapa sangka program jahat yang membuat pusing para pengguna komputer tersebut pertama kali diciptakan oleh anak bandel berusia 15 Tahun.

Pesawat R80 Buatan Indonesia Yang Canggih Di Kelasnya, Langsung Terima 125 Pesanan



R80 pesawat buatan Indonesia header
PT Regio Aviasi Industri (RAI), PT Ilthabi Rekatama, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan PT Eagle Capital milik BJ Habibie akan berencana untuk bersama-sama membangun pesawat komersial R80.
Ilham Habibie, sebagai Komisaris PT RAI, perusahaan rancang bangun dan subkontraktor pesawat terbang yang juga anak BJ Habibie, mengatakan, pesawat canggih ini akan diproduksi di Jabar.
Rencananya, kata Ilham, pembuatan R80 akan melibatkan PT DI dan Pemprov Jabar. Menurut Ilham, dalam pertemuan di Gedung Pakuan pada September 2014 lalu, telah dibahas komposisi saham dalam pembuatan pesawat R80 tersebut.
ilham habibie
Namun berapa persentasenya, masih dalam pembahasan. Adapun teknisnya saham itu bisa oleh individu, perusahaan, bahkan koperasi.
Pada tahap awal, PT RAI telah mengalokasikan dana sebesar US$ 1 miliar. Setelah penandatanganan MoU, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mengerahkan sekitar 500 teknisi.
“R80 memiliki kemampuan terbang di atas 20.000 kaki dan mempunyai kapasitas penumpang yang cukup besar,” jelas Ilham.
Biaya pembuatan pesawat canggih ini sekitar 500 ribu sampai 700 ribu dolar AS untuk engineering, prototipe, dan pengujian pesawat terbang baik di darat maupun udara,” kata Ilham di Gedung Pakuan pada Rabu (10/9/2014).
Pesawat R80 akan terbang di tahun 2018
Jika tak ada aral melintang, R80 diperkirakan rampung penyelesaiannya pada tahun 2018. Rencananya, pesawat dengan 80 tempat duduk itu akan melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Malajengka, pada 2018.
Di tempat yang sama, BJ Habibie mengatakan bangsa Indonesia mampu membuat pesawat terbang sendiri. Buktinya, kata Habibie, bangsa Indonesia mampu memproduksi pesawat N250 yang dapat terbang pada tahun 1995 lalu.
“Wilayah Indonesia tidak bisa hanya dihubungkan dengan kereta api, mobil, atau kendaraan darat lainnya. Pesawat terbang sangat bermanfaat untuk kondisi geografis di Indonesia. Populasi penduduk di Indonesia sangat banyak dan wilayah Indonesia terdiri dari 17.000 pulau, tentu dibutuhkan transportasi yang bukan hanya transportasi darat. Maka dari itu, pesawat sangatlah penting,” kata Habibie.
Selain itu, kata Habibie, ia berharap PT DI dapat kembali berjaya seperti dulu. Satu-satunya cara untuk kembali berjaya, kata Habibie, adalah memproduksi pesawat terbang sendiri.
Pesawat R80 model plane
Fase Pembuatan, Disain dan Rancang Bangun
Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DI Andi Alisyahbana mengatakan, fase pertama proyek ini adalah tahap konfigurasi. Pada tahap ini akan dipastikan soal jumlah penumpang karena menyangkut segmen pasar.
“Pertama konfigurasi, yaitu menentukan jumlah penumpang, apakah sayap mau atas bawah. Rasanya akan menuju 80 penumpang,” katanya usai acara penyerahan helikopter Dauphin pesanan Basarnas di Lanudal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Selasa (18/2/2014).
Andi menjelaskan, dari sisi pasar untuk pesawat R80 belum memiliki pesaing. Saat ini, tidak ada produsen pesawat di dunia yang bermain pada kelas 80 penumpang.
“Kalau ATR juga kapasitasnya tidak sampai 80 orang. Kita masuk di pasar yang belum ada pemainnya,” terangnya.
R80-cabin-arrangement
Selanjutnya, pada fase kedua PT DI dan PT RAI akan masuk ke tahap desain awal. Targetnya prosesnya dimulai tahun 2015. “Habis itu, preliminary design, bentuknya nanti mau gimana. Itu Insya Allah kita mulai tahun depan, karena ini tergantung dana,” jelasnya.
Tahap terakhir, PT DI dan PT RAI akan memasuki fase terberat yaitu detail design. Fase ini nantinya akan masuki tahap pembuatan purwarupa (prototype) hingga sertifikasi pesawat. Pesawat N250 menurutnya telah berwujud prototype namun belum mengantongi sertifikasi kelaikan terbang dari lembaga internasional.
“Paling berat nanti detail design, nanti membuat prototype,” jelasnya. Harapannya pesawat bermesin turboprop ini bisa dijual ke publik mulai tahun 2020. Namun syaratnya proses pembiayaan pengembangan pesawat ini berjalan lancar.
“Kalau nanti R80 jadi, yang penting pendanaan, kalau PT DI siap semuanya. Kalau dengan RAI berarti dari swasta, mereka pemilik program, kami sebagai kontraktor saja,” jelasnya. Seperti diketahui, Mantan Presiden BJ Habibie memiliki keinginan dan mimpi besar memajukan industri dirgantara di Tanah Air.
R80 Program
Spesifikasi R-80
Berikut ini adalah spesifikasi dari pesawat R80:
Number of Passenger: 80 – 92 Pax
Speed :
– Economical Speed 290 Knots
– Maximum Speed 330 Knots
Range
– Design Range at 7600 kg Payload 800 Nm
– Range at maximum Payload 8,780 kg 400 Nm
Payload
– Design Payload at 800 Nm 7600 Kg
– Maximum Payload at 400 Nm 8780 Kg
Altitude
– Maximum Cruising Altitude 25,000 Ft
– OEI Altitude 17,500 Ft
Field Performance
– Take Off Field Length, ISA, SL 4,500 Ft
– Landing Field Length, ISA, SL 4,500 ft
Propulsion
– Twin Turboprops 4,600 Shp
– Propeller Diameter, 6 Blades 13,5 Ft
Weight
– Maximum Take Off Weight 27,500 Kg
– Operating Empty Weight 16,900 Kg
R80 Three_View_Drawing
Penyempurnaan dari N250
Menurut BJ Habibie yang mantan Presiden ke-3 Republik ini, Pesawat R80 tersebut merupakan revolusi dari pesawat pada tahun 1995 lalu yaitu N250.
Namun secara teknologi sudah jauh lebih canggih. Secara by pass rasio 40 dan bisa lebih hemat bahan bakar mencapai 30 persen. Pesawat ini juga dapat dikendalikan secara elektronik atau dikenal istilah fly by wire.
Selain itu, baling-baling yang ada di sayap juga termasuk teknologi baru, karena dapat menentukan antara angin dingin dan angin panas yang dihasilkan dari mesin.
Dengan teknologi-teknologi ini, maka pesawat dapat melaju dengan kecepatan jauh lebih tinggi, namun tetap efisien.
R80 Cabin
Sedangkan Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Ilham Habibie juga menyebut pesawat ini adalah penyempurnaan dari N250 rancangan bapaknya itu. Pesawat R80 ini sekitar 70 persen berbeda dengan pesawat N250.
“Misalnya, badan pesawat lebih besar dengan jumlah kursi bertambah dari 60-80 menjadi 80 kursi, mesin dan sistem pengendalian juga beda,” kata dia.
“N250 itu dikembangkan untuk 50-60 penumpang, kalau R80 ini untuk 80-90 penumpang dan secara teknologi sangat berbeda, misalkan handphone saja buatan 1998 sama yang 2014 tentu sudah pasti beda, sehingga R80 akan ada perubahan drastis secara teknologi,” ungkapnya.
Masih menurut Ilham, penggunaan bahan bakar pesawat anyar ini diharapkan lebih ekonomis dibandingkan pesawat lainnya yang biasanya menghabiskan 50 persen bahan bakar. “Kami harap ini lebih hemat karena faktor terbesar dari industri bergantung pada bahan bakar,” ujar Ilham.
Nurtanio N-250 N250
RAI Kebanjiran Pesanan Pesawat R80
Jadi saja belum, namun PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan rancang bangun dan subkontraktor pesawat terbang yang didirikan PT Ilthabi Rekatama dan PT Eagle Capital milik BJ Habibie, mulai kebanjiran pesanan pesawat R80 ini.
Hingga saat ini, RAI telah mendapat pesanan pembuatan 125 pesawat jenis R80 yang akan digarap PT Dirgantara Indonesia (PT DI).
Presiden Direktur RAI, Agung Nugroho mengatakan, pihaknya telah menyepakati letter of intent (LOI) untuk permintaan yang datang dari maskapai, masing-masing adalah:
  • KalStar Aviation sebanyak 25 unit, dan
  • NAM Air sebanyak 100 unit
  • Akan menyusul pembelian: Wings Air dan Sriwijaya Air.
Sementara itu, NAM Air merupakan salah satu maskapai yang akan memakai armada buatan RAI tersebut. Direktur Utama Sriwijaya Air, Chandra Lie mengungkapkan, pihaknya sangat yakin dengan produk dalam negeri ini dan ingin menjadikan NAM sebagai maskapai pertama yang menggunakan R80.
“Saat launching NAM Air telah ditandatangani kontrak pemesanan 50 R80 plus 50 pesawat lagi sebagai opsi tambahan,” kata Chandra. Seperti diketahui, PT RAI menggandeng sejumlah maskapai nasional untuk mengembangkan pesawat komersial R80, yakni Wings Air, Sriwijaya Air, dan KalStar.
R80_FLIGHT_DECK_DESIGN
RAI memulai proyek perdananya dengan mengembangkan pesawat komuter sipil regional R80. Pesawat berkapasitas 80-90 penumpang yang didesain dengan baling-baling turbo untuk mengurangi konsumsi bahan bakar tersebut diperkirakan akan dijual sekitar US$ 25 juta per unitnya, atau setara Rp. 250 miliar (jika kurs US $1 = Rp IDR 10.000).
Ia mengungkapkan, bahwa harga tersebut belum pasti karena RAI memang belum fokus dalam penjualan, tetap masih fokus dalam feasibility studies dan preliminary design. Namun, dari segi harga R80 jauh lebih murah dibandingkan pesawat sejenis buatan Eropa yang harganya berkisar US$ 3 miliar.
“Dalam merancang pesawat, kami memakai dua pendekatan, yaitu user atau customer requirement. Kami dekati pelanggan, mereka butuhnya pesawat yang seperti apa. Kami desain sesuai kebutuhan. Poin kedua adalah safety. Pelanggan harus diutamakan,” tuturnya.
Perlu diketahui pula, bahwa sebelum ini Indonesia sudah membuat pesawat komersil, dan bukan N-250 yang terbang ditahun 1995 lalu. Namun ini adalah pesawat N219 yang mampu mengangkut penumpang sebanyak 19 orang, memiliki potensi yang besar di Indonesiadan sudah mengantongi lebih dari 100 pesanan.
1c821-n219aN-219 adalah pesawat multi fungsi bermesin dua yang dirancang oleh Dirgantara Indonesia (D.I.) dengan tujuan untuk dioperasikan di daerah-daerah terpencil.
Pesawat yang dibuat dengan memenuhi persyaratan FAR 23 ini dirancang memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan juga pintu fleksibel.
Selain itu, pesawat ini terbuat dari logam dan dirancang untuk mengangkut penumpang maupun kargo. (baca: Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan)
BJ Habibie sempat menerbangkan pesawat asli buatan Indonesia yaitu N250 pada tahin 1995 persis saat Indonsia telah merdeka selama 50 tahun, namun dalam proses pengembangan dan menuju sertifikasi gagal, karena proyeknya dihentikan atas rekomendasi IMF (lihat video dibawah). Ia masih menjaga mimpinya untuk melihat pesawat asli buatan anak bangsa terbang dan digunakan maskapai tanah air dan dunia, dengan membuat R80.
Pesawat itu akan diproduksi PT Dirgantara Indonesia layaknya pesawat terdahulu. Selain ahli yang sudah terpercaya, secara alat juga sudah sangat memadai. “Kerja sama ini juga bertujuan mengembalikan kejayaan PT DI sebagai pembuat pesawat terbang,” ucap Ilham.
Menristek: Indonesia Akan Produksi Pesawat N219, N245 dan N270
CN-235NG-Jika N-219 model pesawatnya telah sering dipamerkan, maka pesawat N-245 diperkirakan sebagai CN-235NG sedangkan N-270 diperkirakan merupakan pengembangan dari pesawat N-250. Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan, Indonesia akan memproduksi pesawat N219 pada 2014.
“Tahun 2012 lalu masih dalam tahap desain, kemudian 2013 dibuatkan prototype dan 2014 akan diproduksi,” ujar Menristek dalam lokakarya Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional di Jakarta.
Pesawat yang mempunyai kapasitas 19 penumpang tersebut, akan melayani wilayah pegunungan dan sulit dijangkau. Pesawat N219 adalah pesawat yang mempunyai dua baling-baling dan hanya membutuhkan landasan 500 meter.
n-219 n-245 n-270
Tapi jika dilihat dari rencananya, pesawat R80 tak disebutkan dalam perencanaan ini. Mungkinkah R80 adalah nama tak resmi dari N-270? Bisa saja, karena pesawat itu belum dibuat, belum diuji