Pages

Thursday, July 13, 2017

Detik Wisata: 23 Tempat Wisata di Depok Yang Harus Patut Di Kunjungi

Kota Depok serta sekitarnya mempunyai daerah tempat wisata yang menarik serta populer dari mulai wisata alam, kuliner serta lain sebagainya. Kota Depok adalah satu kota yang terdapat di Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini ada di arah selatan DKI Jakarta, yakni diantara Jakarta – Bogor. Kata Depok aslinya dari satu kata dalam bhs Sunda yang mempunyai makna pertapaan atau tempat untuk bertapa. Walau demikian, ada pula yang menyampaikan bila kata Depok yaitu satu akronim dari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang ini berarti satu Gereja Kristen Rakyat Pertama.

Depok dahulunya adalah satu kota kecamatan yang termasuk juga dalam lokasi Kab. Bogor, yang lalu memperoleh status sebagai kota administratif pada th. 1982. Mulai sejak tanggal 20 April 1999, Depok diputuskan jadi satu kotamadya yang terpisah dari Kab. Bogor. Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan, yang terdiri lagi jadi 63 kelurahan.

1.Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Dian Al Mahri ini diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006 serta bertepatan dengan proses sholat Idul Adha 1427 H oleh pendirinya Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid serta Ayah Drs H. Maimun Al Rasyid. Masjid ini dimaksud dengan juga nama Masjid Kubah Emas, sesuai sama ciri khasnya yakni ada pada kubahnya yang berlapiskan emas.

Masjid ini memanglah menggunakan unsur material logam emas dengan 3 tehnik pemasangan :

Pertama, serbuk-serbuk emas (prada) yang terpasang pada mahkota/pilar.
Ke-2 gold plating yang ada pada lampu gantung, ralling tangga mezanin, pagar mezanin, ornamen kaligrafi yang diisi kalimat tasbih pada pucuk langit-langit kubah serta ornamen dekoratif di atas mimbar mihrab.

Ketiga gold mozaik solid yang ada pada kubah paling utama dan kubah menara.
Masjid yang mempunyai luas 8000m2 ini dibangun di atas tanah seluas 70 Hektar, serta adalah sisi dari rencana pengembangan satu lokasi yang terpadu serta dinamakan Lokasi Islamic Center Dian Al-Mahri. Lokasi masjid ini dapat kerap dikatakan sebagai satu lokasi masjid yang termegah di Asia Tenggara. Masjid ini dapat untuk menyimpan sekitaran 15. 000 jamaah untuk proses sholat serta sekitaran 20. 000 jamaah untuk proses majelis taklim.

Ruangan paling utama dari masjid ini memiliki ukuran 45×57 mtr. yang bisa menyimpan 8. 000 jamaah. Masjid ini mempunyai 6 minaret yang berupa sisi enam serta tingginya semasing 40 mtr.. Ke 6 minaret ini dibalut dengan granit berwarna abu-abu yang datang dari itali dengan ornament yang melingkar. Pada puncak minaret ada satu kubah yang berlapiskan mozaik emas 24 karat.

Kubah masjid ini merujuk pada kubah yang dipakai di masjid-masjid dari Persia serta India yang dibalut dengan mozaik berlapiskan emas 24 karat yang materialnya dihadirkan segera dari Itali. Pada langit-langit nya kubah ada satu lukisan langit yang warnanya bisa beralih sesuai sama warna langit pada beberapa saat sholat. Hal semacam ini mungkin saja memakai satu tehnologi tata sinar yang memanglah diprogram dengan pertolongan computer.

Lokasi Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri ini didalam perubahannya telah menjelma sebagai satu diantara maksud wisata religi umat islam. Lokasi Masjid ini pada tiap-tiap akhir minggu serta hari libur banyak dikunjungi yg tidak kurang dari sekitaran 50. 000 jama`ah.

2. Water boom/depok fantasi 

Water boom/depok fantasi

Tempat : Kota kembang depok/depok grand city. masuk dari margonda menuju jalan raya citayam ketemu pertigaan pintu gerbang perumahan GDC belok kiri ikuti jalan itu hingga berjumpa pertempatan jalan besar, selalu 200 mtr. berjumpa depok fantasi, apabila ikuti panduan jalan raya, ikuti panduan jalan menuju Gedung DPRD Kota Depok. naik angkot 05, turun di pertigaan kota kembang naik ojek, naik angkotD10 : Terminal Depok – Parung Serab-Kalimulya PP turun perempatan perumahan grand depok city. yang nyaman sich bawa mobil atau motor sendiri.

3. Taman Bunga Wiladatika cibubur Depok 

Taman Bunga Wiladatika cibubur Depok

Tempat : Cimanggis, Taman bunga wiladatika ada di dekat pintu tol juction cibubur :
Bila dari depok margonda bisa di tempuh lewat jalan juanda – belok kiri jalan raya bogor sekitaran 500, ada jalan radar auri ikuti jalan itu menuju taman wiladatika,
dari jakarta atau bogor dapat keluar dari pintu tol cibubur ambillah kiri bakal ada pintu gerbang taman wiladatika.
Umum tempat ini obyek wisata atau gathering perusahaan ataupun instasi pemerintah, atau tempat shooting sinetron-sinetron, tedapat taman serta kolam renang dan aula.

4. Zidane water park/outing 

Zidane water park/outing

Tempat : ada di perbatasan pada kelurahan pasir putih serta kelurahan bedahan bisa di tempuh lewat jalan raya pasir putih dari margonda anda lewat jalan raya sawangan hingga berjumpa pertigaan jalan limo kubah mas ambillah kiri jalan muchtar raya sesudah berjumpa pom bensin sekitaran 200 mtr. ada gerbang perumahan BSI anda dapat lewat jalan perumahan itu atau lewat pertigaan sesudah gerbang perumahan BSI, ambillah lurus menuju jalan raya sawangan permai, hingga berjumpa jalan pasir putih selalu hingga berjumpa dengan pertigaan belok kanan jalan kekupu. menuju pondok zidane bedahan atau untuk yg tidak bawa kendaraan dapat naik angkot no 28, dianjurkan membawa kendaraan sendiri.

Sarana : Pondokan, Saung Bambu, Tempat tinggal Tingkat, saung panjang Aulan, Paket Outbound, Kolam Renang Umum, Taman bermain. Buka jam : 08. 00 s/d 16. 00
Check in 13. 00 Check out jam 12. 00 (23 Jam)
Tempat : Jl. Raya Bengkok Rt. 03/04 Kp. Perigi Kel. Bedahan Kec Sawangan Depok
Phone : Atn : Fahmi 021. 99143564, 0251. 8611063

5. Taman Wisata Pasir Putih 

Taman Wisata Pasir Putih

Tempat : Obyek wisata yang baru dibuka pada bln. maret 2011 ini tidak jauh dari pertigaan yang menuju pondok zidane, dari arah Margonda serta arah dari arah parung ambillah jalan menuju, Tugu sawangan atau perumahan BSI jl. muchtar , Ambillah jalan menuju pasir pasir ikuti selalu jalan itu hingga berjumpa obyek wisata itu angkot D 28 Naik Dari terminal angkot BSI, tempat ini dapat juga ditempuh dengan juga kendaraan pribadi lewat jalan raya cipayung citayam depok, dari jalan pitara – jembatan serong – jl. cipayung ambillah jalan menuju pesantren gotrun suara ikuti jalan itu hingga berjumpa jembatan sekitaran 100 mtr..

Ada Water park, Paket Outbound, Flyfox, futsal, pemancingan, playgroud, Gazebo, Aula,
Phone : Atn : Satrio 0251. 8618005 ponsel. 081317344122

6. Ceria kolam renang/water boom 

Ceria kolam renang/water boom

Tempat : ada di jalan raya kukusan beji depok bisa di tempuh untuk kendaraan pribadi dari jalan margonda depok diambil jalan menuju jalan arif rahman hakim sesudah lewat fly over arif rahman ikuti jalan itu hingga berjumpa lampu merah pertigaan jalan nusantara ambillah jalan ke kanan, ikuti jalan itu selalu, sesudah berjumpa per empatan jalan pipa gas sekitaran 1 km Kolam renag wisata CERIA.

untuk yang dari lenteng agung atau pasar minggu ambillah jalan memutar di fly over ui balik menuju jalan srengseng ikuti jalan menuju depok. kukusan beji.Untuk yang memakai kendaraan umum, dari terminal depok naik angkot d 04 atau naik dari stasiun kereta depok baru, di bawah flyover arif rahman hakim panduan jalan dari jln arief rahman hakim belok kanan menuju beji kukusan
panduan jalan pertigaan pipa gas ui kukusan ambillah selalu ke srengseng dari pergaan sekitaran 1 km. Depok terdapat banyak wisata berbelanja dengan adanya banyak didirikan pusat berbelanja terlebih di jalan Margonda sebagai jalan paling utama di kota depok diantaranya :
Sembari berlibur, ikuti usaha gratis cuma click iklan 30 detik bisa duit kontan + mengajak bebrapa rekanan berhimpun bisa kontan penambahan, usaha ini bisa dikerjakan siapapun cukup 30 menit perhari


7.ITC Depok | Pusat belanja 

ITC Depok | Pusat belanja

Main store : CARREFOUR lt 1 serta lt 2
gerai atm komplit, pusat ponsel
Food court : Lt. 2 ; KFC, , CFC, ES TELLER 77, AW (ruko itc)
Hoka-hoka bento, Pizza Hut, Bakmi Tebet lt. 3
service Ponsel. serta Computer Lt. 3
tempat : jalan margonda samping kantor walikota depok, dekat stasiun kereta depok baru serta samping terminal depok


8.Depok Plaza | Pusat belanja 

Depok Plaza | Pusat belanja

Main Store : RAMAYANA Departement Store, Toko Buku Gunung Agung,
food court, Bioskop XXI
KFC, Mc Donald, Dunkins Dunnat,
atm BCA, BNI, MANDIRI, Tempat basement
tempat : jalan margonda raya, depan terminal depok, dekat stasiun kereta depok baru
DEPOK MALL
Main store Golden Truely depok, sport store, pusat ponsel
food and beverage cafe Dunskin donat, AW
Karaoke keluarga Inul darasita
Tempat : Jl. Margonda raya

9.Detos/Depok Town Square | Pusat belanja 

Detos/Depok Town Square | Pusat belanja

Main store Hipermart matahari, time zone,
toko buku tm,
food court : hokben, solaria, bakso senayan, dll
free wifi
Bioskop XXI
Tempat : JL. Margonda raya
Dekat : stasiun kereta Pondok cina – Depok
MARGO CITY | Pusat belanja
Main Store : Centro
Elektronik City
Giant Supermarket
ATM Galery
Cafe ; Lt basic : Ola.. la. Star buck, jco. dll
Bioskop XXI, Time zone,
Food court Lt 3, karaoke, bilyard
Tempat : JL. Margonda raya, Depan Detos (dtc)
Dekat Stasiun Pondok cina depok

10. Depok Trade Center 

Depok Trade Center

Tempat : Jl. Raya Sawangan,
Komplek perumahan Maharaja
(Mampang Depok)
Dari terminal depok Naik angkot d06 jurusan parung rute : terminal depok jalan nusantara depok – jalan raya sawangan +- 8 Km dari terminal depok
Main Store : Superindo, toko buku, Karaoke keluarga
Ada Food cort spesial di : samping mall dekat parkiran,
. Mc Donald, CFC, Bolo-bolo, Rm padang Simpel, Bakso Senayan, serta lainnya
Kolam renang
Ruangan Pertemuan (Aula) Lantai atas)
ATM : BCA, BNI, OCBC niaga, BRI, MANDIRI
Acara senam aerobik tiap-tiap minggu pagi mulai jam 6 pagi s/d selesai


11.Cinere Mall | Mall Cinere Depok 

Cinere Mall | Mall Cinere Depok

Main store : Superindo Supermarket, Hero Supermarket, Gramedia books, Kharisma books, Sudut Baju, Alat Perkakas,
Bioskop 21, Arena Bermaon
Resto : Hoka -Hoka Bento, KFC, Bread Talk, Dunkins O,
Food Court : basement
CINERE SQUARE
LOKASI : JL. Cinere Raya
Main Store : Ramayana Robinson

12. Tempat Wisata Kuliner di Depok

Tempat Wisata Kuliner di Depok

Beragam jenis makanan khas serta unik ada di kota depok terlebih di jl. margonda sebagai pusat jajan serta kuliner di kota depok, tidak bisa dijelaskan satu persatu disini sakin banyak type kuliner yang di tawarkan, di selama jalan margonda bakal memperoleh yang cukup populer diantaranya, Mie ayam karena, Es pocong, resto resto steak, soto – soto, mpek-mpek, beberapa toko roti, bebrapa dan lain-lain, itu baru yang di margonda belum lokasi yang lain.

13. Tempat Wisata Lingkungan Depok 

 Studio alam TVRI

Studio alam TVRI
JL. studio alam TVRI depok lewat Jl, Tole Iskandar Depok 2 tengah
Rute : dari jalan margonda anda menuju ke arah citayam, sesudah terminal depok bakal berjumpa lampu merah pertigaan jalan siliwangi (jalan menuju depok 2 tengah) margonda ambillah kiri menuju jalan siliwangi setealh berjumpa jembatan kali ciliwung selalu berjumpa pertigaan depok 2 tengah, selalu seteLah 300 mtr. bakal berjumpa pertigaan jalan studio alam TVRI ikuti jalan itu hingga berjumpa plang studio alam itu., naik angkot pakai angkot D09 : Terminal Depok – Studio Alam-Kalimulya PP
Taman bermain anak studio alam TVRI
Tempat tinggal shooting, tempat tinggal panggung
Tempat tinggal shooting, tempat tinggal Joglo Jawa
Tempat tinggal shooting, tempat tinggal sumatra
Aktivitas shooting di studio alam
Danau Studio Alam
Studio alam ini jadi tempat shooting sinetron/film serta yang lain, misalnya serial si entong, ada bangunan – bangunan yang yang telah disetting untuk pembuatan film, tempat dikelilingi danau, serta rimbun bakal pohon-pohon.

Harga ticket/parkir masuk : pejalan kaki Rp. 1000, Sepeda motor Rp. 5000, Mobil Rp. 10. 000.

14.Cagar Alam Kota Depok 

Cagar Alam Kota Depok

Cagar alam depok ada didaerah pancoranemas, memanglah belum jadi obyek wisata umum, namun memiliki nilai plus potensi sebagai obyek wisata alam, yang belum diperkembang oleh pemda depok ataupun investor. Cagar alam ini memiliki tempat yang luas sekitaran 6 Hektar didirikan tanggal 31 maret 1912, Nederlands Indische Verenig Ing Tot Natuur Berscherming (perhimpunan perlindungan alam Hindia Belanda) dengan Ge Meente Depok Pendirian cagar alam itu di sampaikan pada Prof. Dr O Porsch di Wina, Austria.

Serta dinyatakan dengan cara resmi kalau Cagar Alam Depok di Pancoran Mas yaitu cagar alam pertama di Indonesia, pantas dikembangkan, terlebih begitu susah memperoleh RTH (ruangan terbuka hijau) di kota depok, mudah-mudahan memperoleh perhatian dari beberapa pemerhati lingkungan biasanya ataupun pemda serta orang-orang depok untuk meningkatkan potensi cagar alam ini.

Wisata lingkungan, 

Obyek wisata air, misalnya. Wisata situ – situ dikota depok, meskipun beberapa besar situ-situ itu belum jadikan sebagai obyek wisata dengan cara optimal, di sini bakal dijelaskan sebagian situ yang telah layak serta belum layak meskipun dapt tetaplah dikunjungi serta tempat pemancingan – yang tawarkan wisata air mancing keluarga beserta saung- saung yang disiapkan oleh saung-saung tersebut

Situ Atau Danau Di Kota Depok | Situ Rawa Besar Lio Kota Depok


15.Situ Besar depok (Situ lio) 

Situ Besar depok (Situ lio)

Situ besar lio ada di depok atau kampung lio depok, luas serta bersih dari eceng gondok serta keramba, telah ada wisata air meskipun cuma dua perahu, bebekan, dan 1 perahu penyeberangan. telah con blok sisinya. butuh pengembagan selanjutnya apabial dipakai obyek wisata keluar, butuh penambahan tam, an, serta parkir dan tempat kuliner yang teratur jika menginginkan ada di daerah depok jaya pas jl. anyelir luas kian lebih 4 hektar terbentang dari mulai jl. wijaya kusma hingga jl. dukuh ps. lama, kampung lio Kota depok.

Sarana wisata : conblok Jalur pejalan kaki, Perahu penyeberangan, Bersih dari eceng gondok, bebek perahu belum ada/silakan invest, food court belum ada/silakan invest, saung belum ada/silakan invest

16.Situ Pengasinan (Sawangan)

Situ Pengasinan (Sawangan)

Ada di daerah pengasinan sawanganan
Sarana wisata : conblok jalur pejalan kaki, Bersih dari eceng gondok, perahu bebek ada, kantin, kurang memadai


17.Situ UI (Universitas Kampus Indonesia) 

Situ UI (Universitas Kampus Indonesia)

Ada dalam Lingkungan Kampus Indonesia terdapat banyak situ yang terpisah
Danau Kampus Indonesia
DANAU UNIVERSITAS INDONESIA REKTORAT UI
Situ UI (Kampus Indonesia)
Sarana : Con Blok, Bersih dari sampah, Jalur Sepeda, Parkir
No Kantin/Makan minum bawa sendiri ramai pada hari minggu, wisata keluarga/grup

18.Situ Cilangkap 

Situ Cilangkap

Situ cilangkap ada di daerah cilangkap depok, dekat dengan perbatas cibinong atau kabupaten cibinong, telah di conblok serta di buat trotoar di selama situ bisa diperkembang sebagai obyek wisata air, serta kuliner.

19.Situ Citayam Kota Depok 

Situ Citayam Kota Depok

Situ citayam ada di daerah Citayam ada di perbatasan pada depok serta bogor, tepatnya ada di belakang Stasiun kereta Citayam, atau di daerah hek depok
Gerbang situ citayam

20.Situ Pladen Beji 

Situ Pladen Beji

Situ Pladen ada di di kecamatan beji, tepatnya jika dari depok jaya, masuk ke jl arif rahman hakim. sebelumnya flyover ambillah kiri lantas belok kiri menuju kompleks kujang pintu gerbang sekitaran 100 m dari pertigaan, 150 m dari stasiun kereta Depok baru.

21.Situ Pulo Pancoran Emas 

Situ Pulo Pancoran Emas

Situ Pulo Ada di kecamatan Pancoranemas Depok, tepatnya dibelakang Gardu PLN Jl. Bonang, Bila dari jembatan serong sesudah melalui gardu Pln, bakal ada jl. Gardu 1, Ikuti jalan itu dengan ikuti tembok Gardu jaringan PLN tsb. Situ itu pas dibelakang Gardu jaringan PLN.
bila dari pitra bisa lewat jl. Situ pulo.

22.Situ Pengasinan Kota Depok 

Situ Pengasinan Kota Depok

Situ pengasinan terdapat di lokasi kelurahan pengasinan sawangan kota depok
adalah daerah wisata air untuk keluarga di kota depok, dengan terdapatnya perahu bebek, flying fox, taman penghijauan ataupun tempat istirahat dengan warung -warung yang ada di pinggir situ. dan daerahnya yang udaranya sejuk, dengan latar belakang gunung salak

bisa di tempuh dari jalan margonda menuju jl. raya sawangan sesudah melalui Perumahan rivaria serta RSUD Kota Depok bakal tertemu pertigaan pengasinan Gbr 1 dari pertigaan itu, sesudah 1, 8 km jalan bakal berjumpa gerbang selamat datang situ wisata air pengasinan gbr 2 dari gerbang lanjut sekitaran 200 m lagi anda bakal menjumpai sitpengasina.

Info : dari gerbang menuju setu jalannya belum mulus serta lebarnya cuma cukup satu mobil. memanglah butuh penata selanjutnya. sarana semua pinggir setu sudah di lapisi dengan semen konblok serta teratur rapi, ada wisata air perahu bebek dengan cost Rp. 6000/15 menit yang disiapkan oleh pemda kota depok, serta flying fox siapa berani Rp. 8000/sekali terjun. ada tempat pemancingan berbayar/kilo, dan ada pula pemancingan gratis dengan daerah mancingn umum yang nyaman, ada warung-warung yang telah teratur.

Bila kita inggin berkeliling menelusuri pinggir setu pengasinan dengan sepeda atau jalan kaki, keliling danau itu 1. 8 km, lumayan bila keliling jalan kaki. Jalan gerbang setu juga dipakai oleh masyarakat untuk mengambil jalan menuju kelurahan duren seribu ataupun duren mekar

Flying Fox Siapa Berani RP. 8000 untuk 1 x Terjun

Janganlah lupa?
bawa pancingan buat mancing mania ataupun pemula
rute kendaraan umum : dari terminal depok atau stasiun, naik angkot D 03 depok – parung, turun di pertigaan pengasinan – kemudian dapat naik ojek atau angkot, dari cinere pondok labu : naik angkot pdk labu parung binggung – turun teruskan d 03, dari ciputat/pamulang : naik angkot jurusan lebak bulus parung/turun di pertigaan bojongsari sawangan teruskan hingga pertigaan pengasinan. Gbr. 1 Pertigaan pengasinan sawangan, Mancing pinggir setu pengasinan free of charge, Mancing di situ pengasinan umum umpan ikannya, cacing tanah, butiran gabus, atau ikan mas kecil hidup bergantung selera ingin mancing type ikan apa.

Ikan yang ada di situ : ikan mujair, ikan ganus, ikan lele, dan lain-lain.
Ada warung kopi, bila ngantuk tinggal pesan
Perahu bebek wisata air rp. 6000/15 menit


23.Situ Studio Alam Depok 

Situ Studio Alam Depok

Situ studio alam, ada di seputaran studio alam TVRI, ada di jalan studio alam depok, dari margonda. Menuju depok depok 2. Pas jl. tole iskandar, pertigaan depok 2 lurus, 300 mtr. dari pertigaan depok 2 ada jl. pertigaan studio alam ikuti selalu sekitaran 1 km.

23. Pengajian Teratur Ustad Arifin Ilham 

Walaupun pengajian teratur bulanan ustadz Arifin Ilham di perumahan Mampang depok telah di pindahkan ke masjid Khadafi Sentul tetapi penganjian di kompleks perumahan pak ustad tetaplah dikerjakan untuk ibu-ibu selasa pagi jam 9 s/d jam 11, untuk majelis taklim bapak2 serta ibu2 tiap-tiap malam selasa malam rabu sesudah ba’da Isya, yang tetaplah di hadiri oleh beberapa jamaahnya.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2ujvojJ
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment