Pages

Monday, August 21, 2017

Bukan Rekayasa, 5 fakta Irfan anak Kapolda Metro Jaya

Irfan Urane Azis (16) beberapa waktu lalu menjadi sorotan media. Bukan karena dia seorang putra Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Aziz, melainkan prestasi yang telah ditorehkannya di kancah internasional.

foto: Irjen Idham Aziz/foto: merdeka.com

Ya, Irfan baru saja menyabet penghargaan Grand Champion dalam ajang International Mathematics Contest Singapura (IMCS), yang diselenggarakan pada 4 hingga 7 Agustus lalu di Singapura. Bukan kali pertama Irfan menyabet penghargaan dalam olimpiade sains dan mengharumkan nama keluarga dan negara. Ternyata sudah banyak prestasi dalam bidang tersebut yang diperolehnya.

foto: dok. pribadi Irfan Urane Azis

Kepada brilio.net, Minggu (20/8), cowok yang terdaftar sebagai siswa kelas 11 SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah tersebut berbagi kisah prestasinya. Yuk, kenalan sama anak ke-2 dari pasangan Irjen Idham Aziz dan Fitri Handari ini.

1. Jatuh cinta sama Matematika.

foto: dok. pribadi Irfan Urane Azis

Irfan adalah pribadi yang sangat jatuh cinta dengan sains, terutama Matematika. Menurutnya, Matematika itu menantang dan asyik. “Ada kepuasan tersendiri saat berputar-putar mengerjakan soal-soal dan akhirnya kita dapat jawabannya,” ujarnya.

2. Deretan penghargaan yang didapat.

foto: dok. pribadi Irfan Urane Azis

Anak ke-2 dari empat bersaudara ini ternyata sudah berkali-kali mengikuti perlombaan Matematika, lho. Deretan penghargaan, termasuk medali emas dan perak berhasil diperolehnya.

Sebut saja seperti 1st Place American Mathematics Competition (AMC8) tahun 2014, 3 Gold Medals Wizard at Mathematics International Competition (WIZMIC India) tahun 2014, Gold Asia International Mathematics Olympiad Open Contest tahun 2015, Medali Emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika Tingkat SMP 2015, 2 Gold Medals International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO Malaysia) 2015, Medali Perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika Tingkat SMA 2016, Juara I Lomba Matematika Tingkat Nasional UGM Yogyakarta 2016, Kompetisi Matematika Nalaria Realistik Tingkat Nasional Ke-12 Medali Emas (Best of the Best) 2017, Medali Perak Olimpiade Sains Nasional SMA Tingkat Nasional 2017, dan masih banyak lagi.

Nah, penghargaan terbaru Irfan adalah Grand Champion dalam ajang International Mathematics Contest Singapura (IMCS) pada Agustus lalu.

Sebelum mengikuti IMCS, Irfan menjalani pembinaan di sekolah. Lantas, selama satu minggu dia dan peserta IMCS lainnya mendapat karantina di Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di Laladon, Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

IMCS sendiri diikuti oleh 1178 orang yang berasal dari China, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Filipina, Indonesia, Korea, Thailand, Iran, Vietnam dan Australia. Dari Indonesia, ada 129 pelajar yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Irfan salah satunya. “Alhamdulillah saya mendapat Grand Champion dan Gold Prize,” kata Irfan.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2v1pNAb
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment