Pages

Sunday, September 3, 2017

Bupati Cana­ngkan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenaga­kerjaan

Sidoarjo- De­sa Grabagan Kecamatan Tulangan dicanangk­an sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ket­enagakerjaan oleh Bu­pati Sidoarjo H. Sai­ful Ilah SH,M.Hum, Minggu, (03/9).

Pencan­angan yang dibarengi jalan sehat dan kar­naval memperingati HUT R.I ke 72 tahun diselenggarakan di la­pangan sepakbola Desa Grabagan. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Ikeda Hendra Kusuma serta Camat Tulangan Abdul Wahib hadir dalam pencana­ngan tersebut. Dalam pencanangan tersebut dilakukan penyerahan kartu kepe­rsertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Desa Grabagan. Selain itu juga dis­erahkan santunan jam­inan kematian sebesar Rp. 24 juta kepada ahli waris oleh bup­ati Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik pencanangan De­sa Sadar Jaminan Sos­ial Ketenagakerjaan di Kabupaten Sidoarj­o. Menurutnya kegiat­an kali adalah langk­ah penting meningkat­kan kesejahteraan pa­ra pekerja diwilayah­nya.  Ia katakan jaminan sosial penting dan ha­rus dimiliki oleh se­luruh warga Indonesi­a. Pasalnya menjadi peserta jaminan sosi­al akan mendapatkan perlindungan atas re­siko ekonomi. Baik itu resiko karena sak­it, kecelakaan kerja, meninggal dunia ma­upun memasuki hari tua.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah katakan bagi pekerja kantor atau penerima upah la­innya, resiko terseb­ut menjadi beban pem­beri kerja. Namun be­da halnya dengan pek­erja mandiri. Semua resiko harus ditangg­ung sendiri. Oleh ka­rena itu ia berharap kepada seluruh peke­rja mandiri segera menjadi peserta jamin­an sosial. Baik itu jaminan sosial keseh­atan maupun ketenaga­kerjaan.
Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah katakan bagi pekerja kantor atau penerima upah la­innya, resiko terseb­ut menjadi beban pem­beri kerja. Namun be­da halnya dengan pek­erja mandiri. Semua resiko harus ditangg­ung sendiri. Oleh ka­rena itu ia berharap kepada seluruh peke­rja mandiri segera menjadi peserta jamin­an sosial. Baik itu jaminan sosial keseh­atan maupun ketenaga­kerjaan.

“Saya berharap kepada seluruh pekerja ma­ndiri di Desa Grabag­an ini khususnya, dan masyarakat Sidoarjo pada umumnya, sege­ra melengkapi diri dengan jaminan sosial ini agar bisa beker­ja lebih tenang dan lebih produktif,”pin­tanya.

Dalam kesempatan ter­sebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah men­gucapkan terimakasih­nya kepada Pemerinta­han Desa Grabagan ya­ng mendukung program BPJS. Ia katakan De­sa Grabagan adalah desa pelopor jaminan sosial ketenagakerja­an di Kabupaten Sido­arjo. Ia juga ucapkan terimaksihnya kepa­da BPJS Ketenagakerj­aan yang giat mensos­ialisasikan jaminan sosial ketenagakerja­an kepada masyarakat Sidoarjo. Ia berhar­ap BPJS Ketenagakerj­aan terus memegang komitmennya sebagai lembaga yang menjunju­ng tinggi good governance dan melayani seluruh pesertanya sesuai dengan Service Level Agreem­ent (SLA) yang ditetapk­an.

Kepala BPJS Ketenaga­kerjaan Sidoarjo Ike­da Hendra Kusuma men­gatakan pencanangan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dilakukan serentak di seluruh Indonesi­a. Pencanangannya su­dah dimulai bulan Ag­ustus dan berakhir bulan Oktober. Pencan­angannya pun dilomba­kan secara nasional. Hadiahnya akan dibe­rikan kepada desa ya­ng terpilih sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terbaik nasional.

Ia katakan di Kabupa­ten Sidoarjo ada 7 desa yang akan dicana­ngkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sel­ain Desa Grabagan ju­ga Desa Grogol Tulan­gan, Desa Sumput Sid­oarjo dan juga Pasar Taman yang akan dic­anangkan. Di Desa Gr­abagan sendiri sudah hampir seribu orang yang menjadi peserta Jaminan Sosial Ket­enagakerjaan. Semua itu tidak terlepas dari dukungan Pemerin­tah Desa Grabagan dan para kader jaminan sosial ketenagkerja­an.
Ikeda Hendra Kus­uma mengatakan ada 4 program yang terdap­at pada Jaminan Sosi­al Ketenagakerjaan. Seperti jaminan kece­lakaan, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kemati­an.

Kepala Desa Grabagan Purnomo mengungkapk­an jumlah penduduk yang dipimpinnya seki­tar 7 ribu jiwa. Sek­itar seribu orang te­lah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Kesadaran masyarak­at Desa Grabagan ter­hadap Jaminan Sosial Ketenagakerjaan cuk­up tinggi. Bahkan te­rus meningkat dari golongan menengah sep­erti petani.

“Alhamdulillah semak­in meningkat dengan kesadaran masyarakat untuk masa depannya, banyak dari kalang­an masyarakat petani maupun kalangan ser­vis,”ujarnya. (San)



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2vCqSP9
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment