Pages

Thursday, September 18, 2014

Ini Dia 5 Penyebab Utama Kanker

Revida putri- Kata 'kanker' mungkin terdengar menyeramkan bagi kita semua. Faktanya, kanker dapat menyerang siapa saja dan dapat merusak jaringan tubuh manusia. Bahkan sel kanker dapat menyebar ke seluruh tubuh. Proses perawatannya pun terkadang sangat menyakitkan. Berikut penyebab utama kanker.
1. Usia
Usia manusia bisa menjadi penyebab kanker. Orang yang lebih tua resikonya lebih tinggi untuk terkena kanker. Faktanya, 75% kasus kanker terdiagnosa pada orang yang berusia diatas 60 tahun. Karena teorinya adalah, semakin tua usia kita, maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk mencegah kanker itu sendiri.

2. Keturunan
Beberapa kasus kanker payudara adalah karena keturunan. Jika ada orang terdekat seperti ibu, bibi, kakak, atau nenek memiliki riwayat kanker payudara, maka sebaiknya periksakan diri sebelum terlambat.

3. Tembakau
Perokok aktif akan mengatakan bahwa orang yang tidak merokok akan jauh lebih berbahaya terkena  kanker paru-paru karena menghisap asap rokok. Sebenarnya, dua-duanya sama-sama berbahaya. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, dan oesophagus. Dan banyak perokok pasif yang meninggal juga karena kanker paru-paru yang didapat dari menghisap asap rokok.

4. Karsinogen
Karsinogen dapat berupa racun kimia seperti benzena, formaldehida, asbes, dan vinil klorida. Jangan salah, semua racun kimia ini banyak ditemui di kehidupan sekitar kita, misalnya cat tembok.

5. Paparan sinar matahari
Radiasi sinar UV juga menjadi penyebab kanker. Jika tidak menggunakan pelindung atau krim pelindung sinar matahari, banyak orang yang akhirnya terkena kanker kulit.

0 comments:

Post a Comment